Laman

Selasa, 26 Februari 2013

Mensiasati Jajanan Anak2 : Sirop Rosella dan Markisa (Resep)

 Minuman dingin dalam suasana panas dan kering adalah minuman incaran siaapa saja, termasuk anak2 kita. Pernah ke sekolah anak2 kan? Sirup2 yang tak jelas merk dan komposisinya dicampur penjual dengan aneka bahan menjadi jajanan. Terakhir Aisyah - anak gadis saya mengajukan proposal untuk diijinkan membeli es serut yang disiram sirup merah menyala. Setelah nonton acara di TV tentang bahaya es balok yang tak jelas sumber airnya ini dan syrup2 yang aspal bikinan pedagang sendiri, saya jelas2 melarangnya.
Alhamdulillah, saya terbiasa menyediakan minuman dingin olahan tangan sendiri. Sehingga anak2 saya bisa mengerti ketika diberitahukan bahaya jajanan seperti itu di luaran.

Berikut ini ada resep sirup hasil olahan dapur rumahan saya yang sangat disukai oleh seluruh anggota keluarga.

SIRUP ROSELLA

Sirup rosella bisa berasal dari bunga rosella segar, baik yang ungu atau yang merah. Yang ungu kelopak bunganya lebih tebal sedangkan yang merah lebih tipis. Dari rasa, yang ungu agak kurang kecut jika dibandingkan dengan yang merah. Itu bisa dimengerti karena yang merah kandungan vit. C nya lebih tinggi.
Dulu ketika saya masih (di Pekanbaru) punya sedikit lahan, saya suka menanam bunga rosella. Tanaman ini bisa bertahan hingga kurang lebih 2 tahun, dengan ketinggian tanamannya bisa 2,5 meter. Menanamnya mudah, perawatannya pun mudah, asal mendapat suplai makanan cukup, suplai air memadai dan sinar matahari. Bahkan bunga rosella itu juga dimanfaatkan oleh para tetangga, dan jika masih berlebih rosella merah saya keringkan menjadi teh. Untuk rosella ungu saya tidak bisa bikin tehnya secara alami, karena kandungan air di kelopaknya sangat banyak, juga tanaman rosella ungu ini tidak sekokoh rosella merah.
Sayang sekali selama di (Semarang) saya terpaksa membeli rosella teh yang sudah dikemas.


Bahan:
Rosella teh + sirup gula + air.

Cara Pembuatan:

- Sirup gula : Rebus gula pasir secukupnya dengan air, perbandingan 1 : 1, tambahkan 1 atau 2 lembar daun pandan wangi, 2 atau 3 kelopak kembang lawang,  kayu manis (kira2  3cm). Rebus hingga gula larut dan teruskan sejenak hingga aroma kulit manis dan kembang lawangnya keluar (tercium)

- Sementara itu siapkan setidak2nya 3 liter air mendidih untuk merebus rosella teh ( kurang lebih 65 gr, sesuai kemasan swalayan) / rosella bunga (3 liter air untuk 1 kg rosella segar).

- Sebelum dicemplungin ke air mendidih, biasakan untuk mencuci sebentar rosella tehnya, agar kotoran2 yang menempel selama pengeringan alami (dengan matahari) terbuang bersama air pencucinya. Berlaku juga untuk rosella bunga yang dibeli di pasar atau tanaman sendiri.

- Setelah air mendidih (air untuk rebusan rosella) masukkan dulu sirup gula yang telah jadi bersama rempah rebusannya. Biarkan mendidih lagi baru masukkan rosella teh. Ini pun dibiarkan sampai mendidih lagi.

- Matikan api, dan tutup panci rebusan agar mereka bersenyawa (saya biasanya menutupnya hingga setengah hari / sampai dingin).

- Kemudian saring rebusan rosella teh + sirup gula + rempah2 tadi.
- Dan sirup siap disajikan.

Catt.:
-  Sirup rosella yang sudah jadi, bisa jadi masih berupa konsentrat, apalagi kalau kita memasukkan rosella teh/ rosella segarnya dalam jumlah banyak. Maka siasati konsentrat ini dengan penyajian sesuai selera.
- Rosella mengandung vit C,jadi tidak dianjurkan untuk merebusnya lama di atas api. Sebaiknya begitu     air mendidih setelah rosella teh / rosella bunga dicemplungin segera matikan api.
- Sirup rosella yang sudah jadi, bisa jadi masih terlalu kecut untuk sebagian orang, maka boleh ditambahkan gula pasir sesuai selera.
- Gula pasir bisa digantikan oleh gula batu atau gula jagung, sesuai keinginan saja.
- Sirup yang sudah jadi itu, sekitar 4 liter kurang bisa disimpan di kulkas, dan disajikan sesuai selera.
- Rosella teh yang direbus diusahakan campuran ungu dan merah agar warnanya menarik, disukai anak2.
- Syrup rosella semakin nikmat setelah disimpan kurang lebih 24 jam di kulkas, rasa rempahnya akan menyatu alami dan sempurna.
- Simpanlah sirup di wadah kedap udara, agar tidak terjadi peragian.

Penyajian:
Sirup Rosella bisa disajikan hangat/ dingin/es.

- Untuk sajian hangat; cukup tambahkan air panas ke sirup yang sudah jadi dengan perbandingan 1: 1, tambahkan gula jika perlu. Penyajian ini cocok untuk penderita radang tenggorokan, ini obat alaminya.
- Untuk sajian dingin, sirup rosella ditambahkan es batu atau simpan dulu di kulkas setelah dingin baru disajikan.
- Untuk es rosella, ini perlu penambahan gula, karena setelah sirup sorella jadi es, rasa manisnya akan berkurang. Untuk hal, kenapa bisa begitu saya tidak bisa menjelaskan, silahkan tanya anak kimia.

Rosella sangat banyak manfaatnya. Bisa dikonsumsi segala usia tapi dengan catatan:
- Untuk penderita maag, tidak dianjurkan meminum sirup rosella begitu saja. Tapi konsumsilah setelah memakan karbohidrat, agar lambungnya siap.
- Ini juga berlaku untuk penderita tekanan darah rendah, makan karbohidrat dulu baru konsumsi rosella.
Sepengetahuan saya, terkecuali hal di atas, sirup rosella bisa dikonsumsi kapan saja.

Demikianlah olahan dapur saya terkait rosella. O ya, daun rosella bisa dipakai juga sebagai  rempah daun tambahan untuk masakan ikan ala Padang.

SIRUP MARKISA
- Pembuatan sirup gulanya sama dengan yang diatas. Siapkan juga air rebusan untuk markisa, dimana 3 liter air untuk1 kg markisa.
- Setelah air rebusan dan sirup gula tercampur (buang dulu rempahnya dengan penyaringan), masukkan markisa dan didihkan sebentar.
- Kemudian tutup dan dinginkan. Biarkan sampai benar2 dingin dan bijinya terlepas (sesekali diaduk2 ya untuk membantu proses pelepasan bijinya) .
- Jika suka sirup markisa komplit (dengan biji2nya), silahkan langsung disajikan sesuai selera.
- Jika tidak suka, boleh di saring dulu.

Penyajian:
Sama dengan rosella di atas. Tapi untuk markisa, dengan takaran air seperti di atas, tidak dianjurkan meminumnya langsung tanpa penambahan air, karena hasilnya benar2 konsentrat, kuat sekali kecut Markisa Medan-nya. Tambahkan gula dan air sesuai selera.

Begitu saja, tidak rumit kok. Namanya juga olahan dapur sendiri. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya :)

4 komentar:

  1. Woow...blh jg resep sirup osella nya, sy malah minum Rosella tp dijadikan sirup alias cm diguyur air panas doang, ktnya bs bkn langsing he..........titip link saya http://tizara42.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rosella sangat banyak manfaatnya sebagai obat pelangsing dan anti oksidan juga..., karena anak2 saya suka jadinya diolahnya banyak2, capek kalau nyeduh tiap sebentar. Lagi pula saya pernah nyoba, kalau airnya kurang panas (air termos)hasilnya kurang maks, jadinya mesti direbus deh...:)
      terima kasih sudah mampir ya

      Hapus