Laman

Selasa, 19 Februari 2013

Dan Kedamaian Saya Terganggu Gara2 Pelatihan Ini

    Setelah hampir 14th meninggalkan bangku perkuliahan inilah kali pertama saya bener2 dalam kondisi 'tertekan' untuk bisa menampilkan yang terbaik. Ini semua gara2 Pelatihan WRITERPRENEUR I yang saya ikuti. Syaraf2 di kepala saya terasa 'kehidupannya', sehingga berpengaruh ke kualitas tidur, selera makan, keletihan dan capek yang luar biasa.
     Tadinya sebelum ikut WP I ini, kehidupan saya cukup damai. Beraktifitas sehari2 sebagai IRT biasa, atau plusnya mencoret2 dinding FB saya saja. Tapi seorang teman baik mengenalkan saya dengan IIDN, mungkin dia gerah kali yah, hampir setiap hari melihat postingan saya. Dan tercemplunglah saya ke IIDN.
Saya ikut PW I karena penasaran, katanya kita belajar menulis. Tanpa pikir panjang saya mendaftar, bayar dan terlibat.
Nah...setelah dapat link saya kaget luar biasa, Pelatihan WRITERPRENEUR Buku Laris Rezeki Manis. Oalah...kayaknya saya salah mendaftar kelas deh, saya kan cuma pengen dapat ilmu menulis dasar, kayak
nulis artikel, bikin resensi dsb, yang simpel2 gitu, bukan bikin buku. Saya sampai bertanya ke teman lama, apa itu WRITERPRENEUR?? Ini untuk memastikan saya tidak salah defenisi. Dan benar saya tidak salah defenisi. Jadi bagaimana dong, saya kan dah bayar? Sesuai dengan teori orang Padang nih ya, 'dari pada tanggung basah mandi aja sekalian' dan 'jangan mau rugi.' Ya sudah, saya malah akhirnya berniat belajar berenang di sini, bukan sekedar mandi.

     TM I online saya gak bisa ikut, meski semua sudah di persiapkan. Gulai ayam khas Padang, sogokan kue dan es krim di kulkas, izin memberantakan mainan sesuka hati. Bener2 gatot. Saya sediih banget, ya ALlah kok terasa berat ya negosiasi pakai komputer sama anak2. Ini sebenarnya laptop siapa sih. Masalahnya karena hari pelatihan pas ba'da Jum'at, hari2 week end, hari2 dimana mereka para krucil berganti2 memakai komputer. Mau ngintip2 materi? Huu...mana bisa, baru mau mengkonek-an inet aja mereka sudah antri dan protes. Jadilah sesiang itu dari pada saya kesel sama mereka, akhirnya energi negatif itu saya lampiaskan dengan membersihkan rumah. Sesekali saya intip2 lewat hp, tulisannya semakin unyu2 karena hp saya juga unyu2.
Saya baru dapat jatah berinteraksi ke inet itu setelah menidurkan anak yang kecil dan sayanya sempat tertidur, itu artinya dini hari saya baru mulai masuk kelas. Dan itulah hari pertama saya di kelas.
Saya terpaksa men-scroll ke bawah, gak jauh sih. Paling juga sejarak Semarang - Bandung dengan jalan kaki. Menyimak semua komen, siapa tahu ada pelajaran yang tercecer. Bener2 hari pertama yang melelahkan. Sekitar hari Rabu baru tugas pertama saya siap dikirimkan.

Dan kejutan selanjutnya datang, nge-upload hasil belajar (HB). Dan saya tergagap. Meski saya senang mencoret2 dinding FB, tapi saya gak pernah ngeganti pict profil saya. Everything mengandalkan suami saja. Karena ini tugas 'sekolah', jadi idealnya saya harus turun tangan langsung dong. Setelah trial and error dengan tetap dipandu suami, alhamdulillah akhirnya up-load pertama saya seumur hidup nongol juga di dinding WP I. Duhh...senangnya, ternyata saya bisa nge-upload foto.

     TM II online, sitkon anak2 terkendali, kasihan kali lihat Umminya memohon yah hehehe. Tapi kemudian cobaan datang, Ibuk Guru Indari Mastuti menginstruksikan pengumpulan latihan hari itu juga, jam 15.00.
Oalah..., meski saya dah bisa upload sendiri, tapi itu dikawal suami. Sekarang??? Wow...Beliaunya mendapat panggilan tugas. Mana kabel kamera ke komputer gak ketemu lagi. Ya Robb...deg2an banget. Serasa mau ujian kompre, mau masuk ruang ujian. Menjelang tengah malam baru saya mengirimkan tugas. 
Ternyata belum selesai,  masih ada tugas akhir yang perlu di emailkan. 
Seumur2 saya belum pernah ngemail. Mau ngemail ke siapa, SBY? Ngapain? Apa saya mau bilang, "Pak BeYe, gaji PNS suami saya renumerasinya sama dengan Depkeu dong, hehehe. Benar2 ujian berat bagi saya ikut WP I ini.

     Sebenarnya di awal kelas, sebelum pintu kelas terbuka dan ketika kelas hari pertama, saya sudah keder dengan teman2 sekelas saya. Banyak yang percaya diri ngacung2kan tangan untuk bilang ,"Saya dah bikin antologi", "Buku saya baru satu", "Saya lagi nunggu kepastian penerbit nih", dan sejenis acungan tangan lainnya. Lha saya, seumur2 baru nelorin 1 skripsi, 1 makalah di SMA, modul belajar membaca anak2, modul tahsin Qur-an. Saya bikin sendiri, koreksi sendiri, dan saya lulus sensor sendiri. Gak ada tuh yang dikirim ke media. Alamak...kecut nian hati saya ini. Tapi apa hendak di kata, saya tak boleh menyerah dan tak ingin menyerah. Ya sudah, saya bener2 berniat belajar berenang disini, tanggung2 basah mandi saja sekalian.

Ternyata Ladies,...sekalipun saya berada dalam kondisi tertekan, stres, keder dan minder; tetapi ternyata ada manfaat yang bisa saya petik dari WP I ini, yaitu :
1. Saya jadi belajar percaya diri, memaksa diri untuk percaya diri.
2. Sel2 syaraf saya bekerja dengan baik, 'menghidup'kan  saya dari nina bobok yang melenakan.
3. Saya bisa nge-upload foto sekarang. Di FB saya pict-nya dah saya ganti sendiri.
4. Saya dah bisa ngemail, meski kaku tapi saya sudah merasa keren.
5. Saya merasa lebih muda, serasa usia waktu duduk di bangku kuliah. Fresh euy.
6. Blog ini walau masih jauh dari sempurna, ini hasil belajar saya yang berdarah2, menyimak setiap komen di positngan yang diasuh Neng Ligya Pecanduhujan.
7. Tambahan hobi baru saya sekarang, menulis biar sedikit.
8. Merubah kebiasaan saya, tiap hari mesti baca buku.
9. Mencoret2 kertas bikin MM ketika menunggu anak2 di sekolah.
10. Anak2 saya jadi lebih rajin belajar sekarang, lha Ummi yang sudah gak sekolah aja belajar to.

Demikianlah cerita saya yang tidak pendek, semoga bermanfaat yah.
Menitipkan ucapan maaf lahir dan bathin untuk semua peserta WP I dan kedua Guru yang sangat luar biasa serta ucapan terima kasih.
WaLlahu'alam.

17 komentar:

  1. Subhanallah, luarbiasa mbak. Ternyata kita sama, berjuang mati2an, bangun dari nina bobo ibu rumah tangga dengan rutinitasnya ;-)

    mampir di blog saya juga yuuk, hehe
    www.hidaazzam.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiaaahh, mbak Tri udah BW duluan... Hehehe

      Hapus
    2. @ Mbak Tri, iya mbak...dah bangun ini dari nina bobo, mata jadi melek hahaha. Dah kuat begadang lagi saya-nya, setelah selama 3th berjalan tidur saya teratur di Semarang, soale Subuh-nya lebih cepat di sini ketimbang di Riau, eh...keenakan jadinya.

      @ Mbak Trance Taranokanai, BW itu apaan sih...gak gaul amat nih denai-nya

      Hapus
  2. Keren ceritanya, mbak. Hehehe... kita seperti di bawah tekanan ya? Tapi tekanan yang membuat kita merubah dari nobody menjadi somebody nantinya. SEMANGAT!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener2 di bawah tekanan Mbak, semangat!!!
      berubah dan nobody menjadi somebody ya...hm cukup menginspirasi, ok if ALlah wish I'll do hard

      Hapus
  3. alhamdulillah kita senasib Mbak, sesama emak2 yang ga mau ketinggalan kereta eh zaman, mudah2an kita tambah pinter n bermanfaat, minimal untuk keluarga ya!
    Salam emak2 blogger!
    Hidup IIDN!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita2 harus jadi emak2 hebatkan? karena kita sudah melahirkan anak2 hebat di zaman yang sangat hebat, aamiin...semoga kita bisa berbagi manfaat setiap saat setiap waktu
      Salaam
      *prokprokprok

      Hapus
  4. hebat bu, saluuuut...maju trs ptg mundurr he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, eh kayaknya kemaren dah balas lewat inbox-nya blog, kok gak mampir ke sini ya *bingung* hehehe...maklumlah ya, namanya juga mainan baru,
      but terima kasih semangatnya, makanya nih pengen ngelanjutin Pelatihannya di kelas Artikel, biar makin 'hidup'nih syaraf2nya

      Hapus
  5. Tulisannya menarik....Jadi ingat bukunya Solikhin Abu Izzuddin... From Zero To Hero.. Terus Semangat, Bun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, insyaaLlah...meskipun semangat adalah amunisi terakhir yang kita punya, kita tetap harus berjuang sampai akhirkan Bunda?

      Hapus
  6. hihiiii...mba...menuturkannya bagus banget, aku malah gak ikut tuh WP I, dan kepingin juga ikut setelah membaca tulisan mba, semoga gak bentrok acara yang lain-lain *sok sibuk....

    Salam kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga, ayo ikutan aja...seru lho, satu pelajaran yang sangat penting yang peroleh adalah "berusaha maksimal sesuai kemampuan kita sendiri, sekalipun banyak yang histeria dan berlari dengan cepat di sekeliling kita, lha kalau kitanya memang baru bisa merambat jangan memaksakan diri untuk berlari, nanti cedera"

      Hapus
  7. Balasan
    1. iya nih mau dilanjutkan, tapi ini nih...tenaga bisa dibagi2, tapi pikiran kok susah dibagi ya hehehe

      Hapus
  8. kereennn... ehm, dah bikin modul itu juga hebat, lho... daripada saya? hehehe

    BalasHapus
  9. terima kasih sudah mampir, alhamdulillah setelah ikut WP I, modul seadanya saja sudah hampir menyerupai handbook, itu karena saya belajar menyelesaikannya dengan Maind Mapping di pelatihan, benar2 berguna hehehe...Godluck ya untukmu

    BalasHapus