Laman

Senin, 18 Februari 2013

Garenah Pak Tua Penjual Ubi Jalar

    Kawan..., kalian tahu ubi jalar kan? Itu bahasa kampung saya, Bahasa Indonesia-nya bernama Ketela Rambat, orang di sini (Semarang) menyebutnya Ubi.
Sesiang tadi ketika sibuk beberes2 rumah, anak mertua saya bilang,"Mi mau beli Ubi gak? Besar2 tuh ubinya." Saya merespon karena memang pengen bikin kolak biji salak. Kata besar2 ini menarik hati saya karena biasanya kalau ubinya gede2 itu tandanya ubi tua, lebih berasa dibikin kolak.
Informasi dari anak mertua, penjualnya si Bapak Tua. Nah...di titik ini perasaan saya mulai gak enak. Biasanya suami saya kasihan nih sama penjualnya. Tapi gak boleh su'uzhonkan ya, ayo dibuktikan!!
Jadilah saya bertemu si Pak Tua, orangnya benar2 tua. Pantas suami saya kasihan, mana bawaannya berat lagi. Mikul berapa kilo ubi tuh?

     Dan ternyata oh ternyata si Pak Tua tak bisa pula berbahasa nasional. Ampun denai,
jadilah transaksi jual beli kami dengan bahasa Tarzan.
"Berapa sekilonya Pak?" tanya saya.
"Nam ewu" jawab si Bapak
Dan mulailah saya menghitung, siji loro telu papat limo enem. Ooo...ternyata 6rb. Mahal amat, pikir saya. Biasanya nih kawan, saya beli ubi itu paling mahal 3500 rupiah sekilonya. Itu sudah ubi ungu tulen lho. Padahal ubi ungu ini lebih sulit di dapat. Mosok ubi putih aja 6 ribu.
Bagian hati IRT saya mulai ngitung2, mahal nih. Tapi tak bisa saya pungkiri bagian hati saya yang lain jatuh berbelas kasih. Duhh...sudah tua, mikul kulakan seberat ini, harusnya diapresiasikan? Tuh banyak yang muda2 dan kuat malah milih jadi pengemis.
Tapi sebagai IRT saya tetap harus selektifkan? Mosok mentang2 kasihan saya beli pake mata tertutup. Dan mulailah terjadi negosiasi.
"Nggak kurang Pak, mahal nih", tawar saya. Ee...si Bapak emoh. Lalu mulailah cakap Jawa-nya. Hm...kalau menurut bahasa tarzan saya nih, si Bapak ini bilang "ini ubi enak lho, ubinya putih."
Yee...si Bapak, dasar tukang kulakan, gak tau nih ya kalau Ubi itu yang paling enak yang ungu tulen, kemudian ungu putih, trus merah, trus kuning, baru deh ubi putih.
Tapi kembali kawan saya tak tega, ya sudah. Si Bapak suruh beli aja semuanya. Haa...buat apa, emang saya jualan kolak atau gorengan? Saya ogah, lalu mulailah si Bapak memilih ubi yang sebenarnya sih ukurannya biasa2 saja. Sudah takdir, anak mertua-ku sudah jatuh kasihan.

     Akhirnya terpilih beberapa Ubi, dan mulailah si Bapak menimbang. Hasilnya 3 kilo. "Berapaan?", tanya saya.
"Wolung elas," jawab si Bapak.
Dan kembali saya menghitung, siji loro telu papat limo enem pitu wolu, oalah jadi 18rb toh. Jadi saya harus bayar 18 rb dong. Wuihh...bukan uangnya, tapi karena ubinya putih. Buat apa banyak2. Saya minta kurang kilonya dan si Bapak emoh lagi. Ihh...maksa banget sih, ini juga sudah jatuh kasihan.
Akhirnya saya bilang, "boleh tuh 3 kilo, tapi 15 rb ya?"
"Nggih", katanya.
Kemudian si Bapak ngomong Jawa lagi.
Bener2 mumet nih, terpaksalah akhirnya saya panggil transleter, "Biii...,tolong nih si Bapak ngomong apa, Ummi gak ngerti."
Walau saya bisa me-reka2nya, tapi saya kurang yakin, kayaknya si Bapak minta teh hangat deh.
Hehehe...ternyata benar si Bapak bilang, "boleh 15rb, tapi boleh minta teh anget gak? Teh anget, segelas aja"
Ondeh mandeh...mantap deh.
Saya tersenyum dan teringat Pak Lubis -tukang potong rumput langganan- di Pekanbaru yang selalu saya jamu dengan segelas kopi atau setidaknya segelas teh hangat setiap habis kerja di rumah saya, kadang kala plus sepiring nasi. Baiklah segelas teh gak berat kok. Dan sayapun berlalu ke dapur.

     Tak lama kemudian anak mertua saya maranin saya ke dapur. "Si Bapak minta air putih Mi, air mineral ini aja ya",katanya. "Mi, ada nasi gak. Si Bapak minta makan, lapar katanya", tambah anak mertua saya.
Yo weslah, ada nasi kok juga ada lauknya, kenapa enggak. Dan anak mertua sayapun berlalu dengan sepiring nasi dan lauknya plus 2 gelas air mineral. Masakan saya pedas, kasihan makan nasi pedas dengan teh hangat.
Kemudian segelas teh manis hangat pun sudah jadi. Segelas teh manis bukan secangkir ya...:)
Coba tebak apa komentar si Bapak.
Menurut transleter saya, si Bapak bilang "tolong dimasukin ke plastik ya, biar nanti bisa diminum di jalan."
SubhanaLlah...ini benar2 Pak Tua si Penjual Ubi Jalar atau Malaikat sih. Benar2 menguji kesabaran nih orang. Menjual ubi harganya 2x lipat harga biasa, ubi kelas di bawah, maksa beli semuanya walau akhirnya saya mengalah beli 3 kilo saja, minta imbalan segelas teh hangat sebagai ganti turun harga ubi, lalu haus katanya, kemudian lapar. Sekarang minta diplastikin aja teh-nya.
Saya tersenyum kecut, mungkin karena dia melihat jilbab lebar saya dan berfikir saya adalah orang baik ya. Hmm...akhirnya berpindah-tangan-lah teh hangat manis yang sudah ditambahin air dan gula lagi biar banyak.
Ya udah deh Pak,selamat jalan...semoga dagangannya laku ya.

*garenah = perangai/kelakuan

@edisi catatan harian
episode uji kesabaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar