Laman

Minggu, 30 Maret 2014

Smart Phone Smart User

"Punya BB, gak?"
Itu bukan pertanyaan yang pertama saya terima. Boleh dikatakan itu adalah pertanyaan yang ke sekian.
Dulu, kala pertama kali mendengar pertanyaan itu saya menjawabnya dengan nyeleneh. 
"Enggak, gak punya, saya rajin mandi kok."
Si penanya bingung. Apa hubungannya BB sama rajin mandi, coba!
"Lagian setiap habis mandi saya pakai deodorant, kok, mana sempat BB."
Bisa ditebak, kan, si penanya mesem-mesem.
"Bukan, bukan itu, BlackBerry, euy ..." ujar si penanya sedikit gondok.


Ketika BB mulai booming, memang banyak teman-teman saya yang memakainya. Alhamdulillah saya nggak kepengenan. Saya malah mikir, apa nggak mubazir, tuh. Yah, setidak-tidaknya itu mubazir buat saya. Mana harga selangit, buang-buang duit aja.
Sekarangnya pun ketika BB sudah tidak terlalu mahal dan bahkan bisa diakses lewat smartphone lain yang harganya juga terjangkau, tetap saja saya tidak berkeinginan.


Selama ini gunanya handphone bagi saya hanya sebatas menerima dan membuat panggilan, menerima dan mengirimkan pesan. Setelah itu saya tidak membutuhkannya lagi. Buat searching di internet saya lebih suka pakai laptop. Sekarangpun saya masih nyaman dalam kondisi itu. Dan saya bukan pebisnis meski saya suka berteman, jadi alasan sms-an murah, internet murah itu benar-benar tak masuk akal bagi saya. 


Namun sebagai manusia biasa pernah juga saya tertarik untuk mengaktifkan internet di hape saya. Kala itu saya menjajal apa saya ini cocok memakai gadget keren, smartphone gitu.
Ternyata saya tak cocok, tak sesuai dengan jiwa saya, cie...cie...

Pertama, saya jadi sibuk dengan diri saya sendiri dimanapun saya berada. Asal ada waktu luang semenit saja maka tangan saya langsung mengaktifkan inet. Bermain ke sana ke sini. Klik ini dan itu. Saya jadi tidak responsif terhadap lingkungan. Tadinya saya mikir, dari pada mata saya ke mana-mana, pikiran saya ke mana-mana lebih baik saya ngutak-ngatik mainan saya. Tapi kemudian saya merasa asing dimanapun saya berada. Saya merasa berubah jadi manusia individualis, saya hanya sibuk dengan diri saya sendiri. 
Tidak ada lagi agenda senyum kanan kiri, tak ada lagi tegur sapa ramah dengan teman sebelah, tak ada lagi perhatian pada sekitar. 
Barangkali karena tipe saya juga. Saya ini kalau sudah konsen ke sesuatu saya jadi tidak mau diganggu. Oalah, bahaya itu, bukan? Bahkan ketika di rumahpun, selepas urusan kerumahtanggaan, saya sibuk memain-mainkan hape. Lha...anak-anak saya gimana?


Kedua, saya sungguh tak suka melihat orang-orang yang selalu memainkan gadgetnya. Tak tahu tempat, sibuk dengan dirinya sendiri. Bahkan pernah tuh ketika saya di bandara, saya melihat sebuah keluarga duduk bersisisan, tapi tak ada komunikasi. Semua sibuk dengan mainan di tangannya, senyum-senyum sendiri. Jangankan senyum sama orang yang duduk di seberangnya, negur anak yang disampingnya aja enggak.
Waduh...bukan tipikal keluarga idaman saya tuh. 

Saya malah sering protes ke suami ketika beliau memanfaatkan waktu istirahatnya di rumah dengan mainan di tangannya. 
"Please deh, Bi. Hapenya di simpan kalau enggak dibuang aja. Kalau memang butuh istirahat, berbaring tuh, rileks pejamkan mata. Dari pada main hape mending sini bantu Ummi, main nih sama anak-anak biar Ummi bisa ngerjain yang lain."
Biasanya setelah itu suami saya mesem-mesem. Tapi kalau omongan saya nggak di dengar, saya hasut tuh anak-anak buat bikin rusuh di tempat abinya istirahat. 
"Ayo sayang semua, main di sini, main sama Abi, ya."
Biasanya mendapat lampu hijau begitu anak-anak langsung berhamburan masuk ke kamar dan mereka bergembira sampai kamar porak poranda, tak perlu dua kali seruan.
"Alah...istirahat kok mainin hape, kan mending main sama anak." Itulah jawaban saya kalau suami protes.


Ketiga, berselancar digadget yang bisa dikantongin ternyata nggak seseru di laptop bagi saya. Bukan hanya masalah waktunya yang 'menyita' tapi juga masalah kepuasannya.


Akhir dari penjajalan, saya bilang, "No."


Sikap ogah ini mungkin juga di dukung oleh sikap saya yang enggak gengsian dan zona nyaman, alhamdulillah. Ini benar-benar muji diri sendiri, nih. Kalau saya sudah nyaman di satu titik, saya jadi males beranjak. Untuk sekedar uji coba boleh lah, tapi kalau untuk seterusnya biasanya saya mikir dulu berulang-ulang.


Maka ketika orang terakhir (sebelum saya bercerita ini, ya) menanyakan apa saya ini punya BB, dengan tegas saya bilang tidak.
"Lalu makai smartphone apa?" Itu adalah pertanyaan selanjutnya.
"Nggak, hape biasa aja, hape murah ini."
"Ah masa sih?" Tuh orang-orang benar-benar sangsi. Di zaman teknologi cerdas gini lo saya kok masih nyaman dengan hape stupid saya, begitu barangkali pikirannya. 
Hahaha...nggak apa-apa hape saya tidak smart asal saya smart, jiaahh... 


Saya punya kisah tentang smartphone ini. 
Pernah suatu ketika saya ingin menghadiahi seseorang sebuah hape. Lalu saya minta suami untuk mencarikannya dengan kriteria ini dan itu. Kemudian perolehlah saya sebuah hape yang smart, canggih deh fitur-fiturnya, komplit, bahkan BB bisa diaktifkan dari sana. Namun kemudian orang yang saya hadiahi itu malah nggak cocok dengan hape tersebut, akhirnya saya turun tangan sendiri buat membelikan hape yang baru, yang sederhana meski sebenarnya sudah tergolong canggih juga. Nah hape yang terakhir ini ternyata sangat cocok dengan orang tersebut.
Alhasil hape saya jadi mengganda. Hape bekas orang tersebut, hape saya yang lama (yang masih saya pakai) dan hape smart tadi itu. Oalah...gimana ini, mau tak kasih siapa ya.

Kemudian untuk uji coba, kartu saya, saya pindahin ke smartphone itu. Lalu hape smart itu dipinjam anak-anak karena asyik sekali ngegame dari situ. Meski peraturan sudah disepakati, yang namanya anak-anak, ya, dapat game baru dari hape yang diidam-idamkannya, gimana gitu.
Sebelumnya memang anak-anak meminta saya membeli hape baru buat ngegame, secara hampir semua sepupunya bermain di hape semacam itu. Saya melihat mata kepengen dan rasa iri dari mereka. Tapi saya sedang mendidik mereka juga, belilah sesuatu karena kita butuh bukan karena kita ingin.

Rusak deh hape baru saya diutak-atik anak-anak. Entah apa yang dilakukannya, hape saya jadi bisu. Anak-anak saya memang termasuk cepat belajar dengan barang-barang IT, saya mah ketinggalan jauh dari mereka, entah itu laptop, entah itu hape, entah itu tustel, saya jauh deh... Mereka selalu ingin klak klik ini dan itu.
Suatu ketika saya diperjalanan, saya terpaksa sering-sering memeriksa hape karena saya sedang menunggu calling seseorang. Aduh...repot deh. Saya jadi jengkel setengah mati, kok jadi bisu begitu. Kalau saya melewati panggilannya bagaimana?

Akhirnya sesampai di rumah, saya langsung bongkar hape baru itu dan saya kembali ke hape yang lama. Duh...nyaman deh rasanya memegang hape lama. Ini nih yang cocok buat saya.


Inilah kesimpulan sementara saya, buat apa hape smart kalau malah saya jadi stupid, manajemen waktu saya berantakan, hati saya rusuh, saya jadi invidualis. Smart atau tidaknya hape itu tergantung ke orangnya, betul nggak?
Lebih penting mana, smartphone atau smart user. Kalau bagi saya sih lebih penting smart user. Beli hape murah, selisihnya bisa buat beli yang lain, cihuyy...


Sekarang saya kembali ke kebiasaan lama saya. Untuk mengisi waktu dalam menuggu saya lebih memilih membaca buku, merajut atau enggak saya mengobrol dengan orang disamping saya. Begini ini bagi saya, dunia terasa lebih indah.

Ini ceritaku kawan, mana ceritamu?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar