Laman

Rabu, 15 Januari 2014

Walau Terlihat Kecil, Tapi Tak Ada yang Sia-sia

 "Bukankah besar dan kecil itu tergantung bagaimana kita memandangnya?"


Gadisku sudah 11 tahun, sudah pasti dah bisa membaca dong? Alhamdulillah.
Tapi saya tidak pernah menolak ketika ia meminta saya untuk membacakan buku, kecuali untuk alasan2 yang urgen tentu saja.

Kami juga rutin ke tokbuk sebulan sekali dan ia juga boleh membaca pulang buku cerita seperti adik2nya, ia tetap punya hak untuk itu.
P
ada hari2 libur sekolah seperti Jumat sore, Sabtu dan Minggu, saya juga membiarkannya membaca sepuasnya buku yang ia inginkan meski itu sedang musim ujian. Saya anggap itu bagian dari refreshing.
Gadisku, Aisyah
Dan saya juga tidak marah dan menyuruhnya membaca sendiri atau belajar ketika ia bergabung dengan 2 adiknya tatkala saya membacakan cerita untuk 2 krucil itu.

Sekarang...
Meski buahnya belum banyak, tapi saya sudah menikmatinya.
Hampir tiap malam di hari2 belakangan ini, adik kecilnya terlelap di sampingnya, berdesakan di tempat tidur yang cuma bisa untuk satu orang. Itu karena si adik kecil selalu minta didongengin (bercerita tanpa buku) sebelum tidur.

Saya jelas tak pernah mendelegasikan tugas itu. Tapi jika ia mengambilnya dengan sadar, tentu saya tidak menolak bukan?
Bahkan saya sangat senang. Selain karena imajinasinya semakin berkembang, kedekatan mereka berdua juga semakin mendalam.

Tapi saya tetap selalu sedia. Karena terkadang si adik kecil tidak puas dengan satu cerita. Seringkali malah ia ingin dua. Maka begitu gadisku selesai dengan tugasnya, si adik kecil akan mendatangi saya untuk ronde ke dua.

Alhamdulillah, tidak ada yang sia2 ternyata. Meski kebiasaan yang saya terapkan ke anak2 itu terhitung kecil, ternyata tidak kecil di mata Tuhan. Balasannya lebih menurut saya.
Bukankah besar dan kecil itu tergantung bagaimana kita memandangnya?

Bagaimana ceritamu, kawan?

1 komentar:

  1. salah tempat, mestinya bukan di sini, melainkan di http://carito-anakmandeh.blogspot.com/2014/01/walau-terlihat-kecil-tapi-tak-ada-yang.html#more , tapi sayang pula ngapusnya...
    jarang ngepost sih ya wkwkwk

    BalasHapus